Kualitas Pelaksanaan Administrasi Pendidikan Di Sekolah Dan Kaitannya Dengan Supervisi Profesional

Authors

  • Rouf Universitas Bina Bangsa
  • B Herawan Hayadi Universitas Bina Bangsa
  • Furtasan Ali Yusuf Universitas Bina Bangsa
  • Imam Septyan Riwayanto Universitas Bina Bangsa
  • Rouf Rohim Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.556442/taveij.v4i1.592

Keywords:

Administrasi Pendidikan, Pengawasan Profesional

Abstract

Mutu pelaksanaan administrasi pendidikan yang dilakukan oleh kepala sekolah, guru, dan pegawai tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh pengawas yang diamanatkan secara resmi oleh Kementerian Pendidikan Nasional dengan tingkat profesionalisme yang tinggi. Kualitas fungsi-fungsi kegiatan administrasi pendidikan yang memungkinkan terjaminnya mutunya adalah yang disupervisi oleh pengawas profesional yang memiliki sikap tanggung jawab yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diaz, W. (2015). Kontribusi Partisipasi Guru Dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Intensitas Supervisi Akademik Oleh Pengawas Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Kotagede Yogyakarta. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Yogyakarta.

Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (2007). Naskah Materi Diklat Pembinaan Kompetensi untuk Calon Kepala Sekolah/ Kepala Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Hardja Sapoetra. (2010). Supervisi Pendidikan (Administrasi dan Supervisi Pendidikan). http://hardjasapoetra.blogspot.co.id/2010/03/supervisi-pendidikan-administrasi-dan.html

Ihsanuddin, A. (2015). Implementasi Supervisi Pengawas PAI Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru PAI SD di Kecamatan Berbah Sleman. Doctoral dissertation, IAIN Surakarta.

Imam Gozali. (2011). Prosedur Pengembangan Sistem Supervisi Pendidikan. http://pujakesuma-igmafazizah.blogspot.co.id/2011/10/prosedur-pengembangan-sistem-supervisi.html

Makmurrizal, C. Z. H., & Ibrahim, S. (2016). Pelaksanaan Supervisi Oleh Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Pada SMA Negeri 2 Bandar Baru Pidie Jaya. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(3).

Masaong, A.K. (2013). Supervisi Pengajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Mintarsih Danumihardja. (2009). Pengelolaan Pendidikan dan Profesi Tenaga Kependidikan. http://miendanu.blogspot.co.id/2009_07_01_archive.html

Mintarsih Danumihardja. (2009). Supervisi Pendidikan. http://tenaga-kependidikan.blogspot.co.id/2009/03/supervisi-pendidikan.html

Muhammad, N. (2013). Manajemen Pengawas Dalam Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Anak Usia Dini Di Kota Banda Aceh. Doctoral dissertation.

Olivia, Peter F. (1984). Supervision for Today’s School. New York: Longman.

Rivai, M.A. (1981). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Yenmars.

Ruzi Rahmawati. (2012). Program Supervisi Pendidikan dan Program Pembinaan Guru. http://ruzirahmawati.blogspot.co.id/2012/03/program-supervisi-pendidikan-dan.html

Sagala, H.S. (2000). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Saleh, L., & Sumar, W. T. (2013). Evaluasi Program Pengawas di SDN Se Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. KIM Fakultas Ilmu Pendidikan, 1(1).

Satori, Djam’an. (1997). Supervisi Akademik (Teori dan Praktek). Jakarta: Depdikbud.

Shokhikhah, N. I., & PD, S. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Terhadap Guru Bahasa Arab (Studi Kasus di MTs Negeri Parakan Temanggung). Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sudjana, Nana, dkk. (2006). Standar Mutu Pengawas. Jakarta: Dirjen PMPTK Direktorat Tenaga Kependidikan Depdiknas.

Downloads

Published

2024-02-06