EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI INFORMASI PUBLIK PT PLN (PERSERO) UP3 SIDOARJO

Authors

  • Novita Sari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Yanda Bara Kusuma Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.556442/eabmij.v6i1.519

Keywords:

Efektivitas, Instagram, Komunikasi Informasi Publik

Abstract

Pada era digital ini, platform media sosial telah menjadi sarana yang signifikan untuk komunikasi informasi publik bagi perusahaan dan lembaga pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas penggunaan Instagram sebagai alat komunikasi informasi publik oleh PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sidoarjo. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk memahami secara mendalam bagaimana platform ini digunakan, dikelola, dan diterima oleh masyarakat. Melalui analisis terhadap konten yang diposting, interaksi pengguna, dan tanggapan terhadap informasi yang disampaikan oleh PT PLN UP3 Sidoarjo, penelitian ini mengidentifikasi strategi komunikasi yang paling efektif. Strategi utama seperti diversifikasi konten, menjaga konsistensi frekuensi postingan, tanggap terhadap interaksi pengguna, dan memantau sentimen positif, merupakan aspek penting yang dapat dijadikan pedoman oleh perusahaan sejenis dalam memaksimalkan pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi informasi publik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan strategi komunikasi informasi publik PT PLN (Persero) UP3 Sidoarjo melalui platform Instagram.

References

Dr. H. Zuchri Abdussamad, S. M. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Mobo, F. S. (2023). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN FACEBOOK DALAM PENYEBARAN INFORMASI PUBLIK PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BUTON TENGAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Institut Pemerintahan Dalam Negeri, 1-15.

Muhammad Shadiq Arifin, L. F. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT PELANGGAN PADA PT PLN (PERSERO) UP2D KALSELTENG DI BANJARBARU. 1-5.

Sasongko, A. F. (2021). Pengaruh Kegiatan Komunikasi Periklanan, Hubungan Masyarakat,Promosi Penjualan dan Promosi Online Terhadap Minat Migrasi Listrik Prabayar. Borobudur Communication Review, 87-94.

Sheila Roselina, N. H. (2022). EFEKTIVITAS FACEBOOK SEBAGAI SARANA INFORMASI PUBLIK PT. PLN (PERSERO) RAYON KOTA WILAYAH KALIMANTAN BARAT. Komunika, Jurnal Ilmu Komunikasi, 252-269.

Downloads

Published

2024-01-16