Implementasi Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Brand Awereness Dan Penjualan Produk PT Ivonesia Solusi Data (Ivosights)

Authors

  • Hanesya Putri Anjani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nurul Azizah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.556442/eabmij.v6i1.534

Keywords:

Bauran Promosi, Brand Awareness, Peningkatan Penjualan, Start Up, Ivosights

Abstract

Fenomena start up digital menandai transformasi signifikan dalam paradigma bisnis khususnya semakin pesatnya kemajuan teknologi dimana perusahaan-perusahaan baru muncul dengan model bisnis yang mengandalkan inovasi teknologi untuk menyediakan produk dan layanan. Kemajuan teknologi ini telah mengubah lanskap bisnis secara fundamental dan memberikan dampak besar terhadap strategi pemasaran dan penjualan produk. Salah satu dampak kemajuan teknologi ini adalah persaingan yang ketat dan dinamika kebutuhan pasar yang berubah-ubah sehingga setiap perusahaan harus memiliki strategi dalam mempertahankan bisnisnya dimana salah satunya adalah meningkatkan penjualan produk dan layanan milik mereka. Dengan strategi pemasaran melalui bauran promosi yang terencana dan baik akan membawa dampak yang baik terhadap peningkatan brand awareness sebuah bisnis. Ketika masyarakat memiliki tingkat kesadaran yang tinggi terhadap suatu merek diharapkan akan melakukan pembelian berulang yang akan meningkatkan penjualan produk suatu perusahaan. Maka dari itu, tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran dengan mengetahui implementasi bauran promosi yang dilakukan PT Ivonesia Solusi Data atau Ivosights dalam meningkatkan brand awareness dan penjualan produk dan layanan guna menghadapi persaingan start up digital yang semakin ketat. Metode yang dilakukan untuk menunjang penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara terstruktur dan observasi mendalam. Hasil dari penelitian ini adalah Ivosights melakukan lima bauran promosi yaitu Periklanan (Advertising), Penjualan secara personal (Personal Selling), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Pemasaran Langsung (Direct Marketing), dan Hubungan Masyarakat (Public Relation) guna meningkatkan brand awareness.

References

Amperiyanto, R. A. (2021). Pengaruh Communication Marketing dan Customer Engagement Pada Viral Marketing Terhadap Brand Awareness (Studi Kasus Clothing Brand Cluve Limited Gresik). Jurnal Analitika Bisnis, Ekonomi, Sosial Dan Politik 1.02 , 131-138.

Annur, C. M. (2023, Juni 14). Indonesia Masuk Jajaran Negara dengan Startup Terbanyak Dunia, Berapa Jumlahnya? Diambil kembali dari 10 Negara dengan Jumlah Startup Terbanyak di Dunia (14 Juni 2023): https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/14/indonesia-masuk-jajaran- negara-dengan-startup-terbanyak-dunia-berapa-jumlahnya

Ayustien, A. R. (2022). Strategi Bauran Promosi Erstor3prt dalam Meningkatkan . Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, Volume 10, Nomor 3.

Brilianne Madjid, S. (2019). PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND IMAGE DALAM . Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi Volume 7, Nomor 1.

Erna Susanti, D. P. (2019). Penerapan Bauran Promosi Pada Saluran Distribusi Bagi Produk UMKM. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Vol. 3 , No. 1.

Hana Rengganawati, M. M. (2023). Strategi Promosi Digital Fore Coffee Dalam Menciptakan Brand AwarenessFore Flagship Store Surabaya. ATRABIS: Jurnal Administrasi BisnisVol. 9No. 1, 167-168.

Hazel Alberta, L. S. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Meningkatkan Penjualan . Jurnal IMPRESI Volume 2 Nomor 1, 2-4.

MASAKAN “WARUNG MAK ASEP”. Jurnal Salome: Multidisipliner Keilmuan Vol. 2 No. 1.

Maulana, M. I. (2023). BAURAN PROMOSI RSUD CIAWI KABUPATEN BOGOR

Mohamad Tambrin, R. A. (2021). Strategi Bauran Promosi (Promotional Mix) Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Dan Jumlah Reseller Di Desa Kamal (Studi Kasus Pada Pt. Queen Ice Di Bangkalan Madura). Eco-Entrepreneurship, Vol 7 No 1.

Nadia Zahra, L. M. (2022). Peningkatan Penjualan Tiket Masuk melalui Bauran Promosi di Sanggaluri Park pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Economic Education and Entrepreneurship 3 (1) .

Prasiska Adela SusilowatI, S. R. (2024). ANALISIS TENTANG KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODELEAN STARTUP PADA MENU

Regina Ramadani Yalanda, A. H. (2019). Pengaruh Direct Marketing terhadap Keputusan Pembelian Kopi Arabika Malabar Mountain Coffee. Performance. Volume 26 Nomor 1 , 28-31.

Rindang Kurniati Mahisa, S. S. (2019). ANALISIS PENGARUH TAGLINE DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP BRAND AWARENESS TELEPON SELULER MEREK OPPO (STUDI PADA PEKERJA KANTORAN DI KOTA MATARAM). RM VOL. 19 No. 2.

Sadya, S. (2023, Maret 9). APJII: Pengguna Internet Indonesia 215,63 Juta pada 2022-2023. Diambil kembali dari https://dataindonesia.id/internet/detail/apjii-pengguna-internet- indonesia-21563-juta-pada-20222023

Sope, A. S. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan. Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Volume 1, No. 2.

TERHADAP VOLUME . e-Proceeding of Management : Vol.6, No.3.

Wini Bin Garib, S. J. (2019). PENGARUH BAURAN PROMOSI, PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK. Jurnal EMBA Vol. 7 No.1, 902-903.

Downloads

Published

2024-01-19