Optimalisasi Proses Penginputan, Pengarsipan Berkas Penjualan dan Pajak Penjualan di PT Dimensi Citra Semesta

Authors

  • Muhammad Fathin Ridlolloh Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nurul Azizah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.556442/eabmij.v6i1.544

Keywords:

Optimalisasi, Penginputan, Pengarsipan, Perhitungan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penginputan, pengarsipan berkas penjualan, dan perhitungan pajak penjualan di PT Dimensi Citra Semesta. Pengelolaan dokumen yang efisien dan akurat menjadi kunci utama dalam mendukung kinerja perusahaan dalam menjalankan aktivitas penjualan dan pemenuhan kewajiban perpajakan. Metode penelitian yang digunakan melibatkan analisis proses bisnis yang ada, identifikasi permasalahan, dan pengembangan solusi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional.

Melalui pendekatan ini, penelitian ini menggali potensi peningkatan kinerja melalui penerapan teknologi informasi, prosedur pengelolaan dokumen yang lebih terstruktur, dan strategi pengarsipan yang lebih efisien. Selain itu, fokus juga diberikan pada peningkatan kepatuhan perusahaan terhadap regulasi pajak penjualan, khususnya PPN dan PPH.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi proses penginputan, pengarsipan berkas penjualan, dan perhitungan pajak penjualan dapat menghasilkan peningkatan signifikan dalam akurasi data, penghematan waktu, serta pemenuhan kewajiban perpajakan yang lebih baik. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap efisiensi operasional dan kepatuhan perpajakan di PT Dimensi Citra Semesta serta memberikan landasan untuk penelitian lebih lanjut dalam konteks pengelolaan dokumen dan pajak perusahaan.

References

Elisa Asrat, Said Achmad Kabiru Rafiie, Octavia (2023). Penerapan Sistem E – Arsip pada kegiatan pengarsipan Surayt-Menyurat dibagian Umum Sekretariat daerah Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Poros Politik ISSN : 2528-0953

Mustika, Reni, Aprilian Chairunesa, Desti Dwi Putri, dan Eksi Pratama. 2018. “Pengelolaan Arsip di Detik Sumatera Selatan”. Jurnal iqra. Vol 12, No.01, p.86-87.

Salsa Amalia Putri1, Sukaesih1, Lusi Romaddyniah Sujana (2023). Optimalisasi Pengelolaan Arsip melalui Sistem Informasi Kearsipan Digital (SIKENDI) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran. Volume 11 Number 02 2023, pp 22-28.

Downloads

Published

2024-01-22