Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Meningkatkan Efektivitas Laporan Keuangan Perusahaan (Studi Kasus Lagoon Avenue Mall Sungkono)

Authors

  • Cyntia Ayu Sukmaningati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ety Dwi Susanti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.556442/eabmij.v6i1.554

Keywords:

Sistem Informasi Akuntansi, Efektivitas, Laporan Keuangan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Meningkatkan Efektivitas Laporan Keuangan Perusahaan, dengan fokus pada studi kasus Lagoon Avenue Mall Sungkono. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan dampak positif penerapan sistem informasi akuntansi di Lagoon Avenue Mall Sungkono dalam meningkatkan efektivitas penggunaan dua aplikasi sistem informasi akuntansi. Sistem informasi akuntansi memiliki peran sentral dalam memfasilitasi proses pencatatan, pengolahan, dan pelaporan data keuangan yang dapat memenuhi kualitas dan efektivitas laporan keuangan. Penggunaan sistem komputerisasi dalam lingkup kegiatan akuntansi dapat mempermudah seluruh kegiatan operasional. Hal tersebut telah terbukti bahwa proses entry data dan penyusunan laporan keuangan menjadi lebih cepat dengan didukung oleh sistem informasi akuntansi. Keefektifan sistem tersebut juga terbukti dengan operasional yang baik dan kelancatan dalam pelaksanaannya.

References

Ainulia, I., & Rodiah, S. (2023). Analisis Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Zainab. Jurnal Buana Akuntansi, 8(2), 131-142.

Ambarwati, H. C., Palevy, A. S. P., & Kustiwi, I. A. (2024). Analisis Pengaruh Sistem Informasi Akuntabilitas Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Perusahaan. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 1(3), 1-6.

Chairina, F., & Wehartaty, T. (2019). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Bpkpd Kota Surabaya. Jurnal Akuntansi Kontemporer, 11(1), 31–39.

Djuarni, W. (2023). A Analisis Peranan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Mendukung Efektivitas Penyajian Laporan Keuangan Pada PT. Pringgondani Setia Nusantara. Jurnal Digitalisasi Akuntansi, 1(2), 20-20.

Eni Endaryati. (2021). SISTEM INFORMASI AKUNTANSI. Yayasan Prima Agus Teknik Redaksi.

Mutia, M., & Silvia, C. T. (2023). PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN PADA CUONTER HANDPHONE ARTA JAYA CELL. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 1(5), 59-66.

Rahman, K., Kamilah, K., & Nst, M. L. I. (2024). Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pelayanan Jasa Rawat Inap Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Pendapatan Rumah Sakit (Studi Kasus Rumah Sakit Mata Smec Medan). Maslahah: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Syariah, 2(1), 01-13.

Saputri, H., Kusnaedi, U., & Asmana, Y. (2023). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Perusahaan Jasa di Jakarta Utara. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4).

Trias Arimurti, Fuji Astuty, Meliana Puspitasari, Risky Budianto, & Rohma Septiawati. (2023). Pengantar Akuntansi. Nani Suhartini (Ed.). PT Penamuda Media.

Downloads

Published

2024-01-25