Penerapan Metode Accrual Basis Pada Pelaporan Keuangan PT Jawa Pos Media Televisi

Authors

  • Shafa Safhira Irawansyah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sonja Andarini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.556442/eabmij.v6i1.557

Keywords:

Accrual Bassis, Keuangan,Kas

Abstract

 Laporan keuangan merupakan hasil akhir suatu proses kegiatan pencatatan akuntansi yang merupakan suatu ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama satu periode. Didalam laporan keuangan terdapat beberapa metode yang biasa digunakan, salah satunya yaitu metode accrual bassis. Penerapan akuntansi berbasis akrual dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (RMI) No.64 tahun 2013 tentang Pelaksanaan Standar Akuntansi Pemerintahan (GAS) akrual berdasarkan pemerintah daerah. Banyak juga perusahaan yang menggunakan metode accrual bassis ini sebagai pedoman dalam pembuatan laporan keuangan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi penggunaan metode accrual bassis untuk membuat laporan keuangan pada PT Jawa Pos Media Televisi. Accrual bassis membantu dalam pencadangan uang kas sehingga alur kas dapat tetap stabil. Hasil penelitian ini memberikan pedoman praktik terbaik yang dapat digunakan dalam pengelolaan keuangan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi perusahaan pemasok dan masyarakat luas.

References

Lasabuda, A. A., dkk. (2020). Analisis Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual dalam Penyajian Laporan Keuangan pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Riset Akutansi, 15(2), 167-174.

Permana, K. W. A. (2021). Analisis Implementasi Basis Akrual pada Laporan Keuangan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JAR). 5(1), 1-16.

Rahman, A., & Permatasari, A., A. (2021). Pengaruh Kompetensi SDM dan Sistem Akutansi Keuangan Daerah terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah. DIALOGUE: Jurnal Ilmu Administrasi Publik. 3(1), 14-22.

Downloads

Published

2024-01-27