Sistem Pengolahan Data Peserta Pada Divisi Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Karimun Jawa Surabaya

Authors

  • Dela Kristiana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sumainah Fauziah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.556442/eabmij.v6i1.559

Keywords:

BPJS Ketenagakerjaan, Pengolahan data, Teknologi

Abstract

Penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari membuat semua aktivitas membutuhkan perangkat yang mendukung keberlangsungan proses kerja, dukungan penerapan digitalisasi sangat membantu meningkatkan etos kerja di berbagai lini dan memberikan efisiensi dan efektifitas yang sangat tinggi, Salah satu tempat yang membutuhkan perkembangan sistem tersebut yakni pada BPJS ketenagakerjaan kantor cabang Karimun Jawa Surabaya. Dalam mengolah data dokumen bukti kepesertaan peserta PU dan BPU. Sistem informasi yang digunakan untuk masalah dalam proses pengolahan data dokumen bukti kepesertaan dilakukan dengan cara manual mengumpulkan tanda terima cetak dokumen, bukti kepesertaan yang telah ditanda tangan dan selanjutnya diinput kedalam excel untuk pelaporan selanjutnya petugas admnistrasi peserta (PAP) melakukan pengecekan ulang berkas, tanda terima dan cetak dokumen. Dari pemasalahan tersebut peneliti menggunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall. Aplikasi ini dibangun terdapat desain login, halaman dashboard, menu kartu, menu tanda terima, dan desain log out. Diharapkan dengan menggunakan website ini dapat mempermudah petugas dalam mengolah data.

References

Abiyoga, Heraldi. 2017. “Pelaksanaan Bpjs Ketenagakerjaan Pada Pekerja Gardena Department Store Dan Supermarket Di Kota Yogyakarta.” Hukum Ekonomi dan Bisnis: 15.

AHMAD RIFA’I & DANI RAF SANJANI. 2018. Lapangan (Pkl) Pada Bpjs Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jakarta Rawamangun Laporan Praktik Kerja Lapangan (Pkl) Pada Bpjs Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jakarta Rawamangun.

AMIK BSI Tangerang, Eka Wulansari Fridayanthie. 2018. “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Data Bpjs Kesehatan Karyawan Berbasis Web Pada Pt Gajah Tunggal Tbk Tangerang.” Evolusi : Jurnal Sains dan Manajemen 6(1): 18–21.

Andri Kristanto, 1975- (penulis). (2018). Perancangan sistem informasi dan aplikasinya / Andri Kristanto.

Ardianingsih, Arum, Juandy Seiver Langelo, and Pandu Wicaksono. 2021. “Analisis Kepesertaan Jaminan

Hutahaean (2014:8), menjelaskan

J. Hutahaean, (2014) Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish, 2014.

Ketenagakerjaan Cabang 2 Pasuruan” Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, (Jember: Institut Agama Islam Negri Jember, 2016)

Ketenagakerjaan Cabang 2 Pasuruan” Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, (Jember: Institut Agama Islam Negri Jember, 2016)

Muharto, Ruslan Rajak. 2019. “IJIS Indonesian Journal on Information System ISSN 2548-6438.” IJIS- Indonesia Journal on Information System 4(April): 69–76.

Nurul Anggraini 2016,” Pengaruh agen prisai dalam meningkatkan jumlah peserta program BPJS

Nurul Anggraini 2016,” Pengaruh agen prisai dalam meningkatkan jumlah peserta program BPJS

PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat 4(1): 78–84.

Raden Dendy Yudha Prawira, 2015Strategi badan penyelenggaraan jaminanan sosial ketenagakerjaan untuk meningkatkan kesejahteraan buruh di kota tangerang, (Serang: Universitas Sultan Ageng, 2015)

Sosial Ketenagakerjaan Pada Pekerja Sektor Informal Di Kota Pekalongan.” Jurnal Litbang Kota Pekalongan 21(2): 8.

Sutrisno, Hafiz. 2020. “Pengaruh Bpjs Ketenagakerjaan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Tenaga Kerja.”

Teknika, Jurnal et al. 2023. “Aplikasi Pengolahan Data Peserta Penerima Upah (PU)Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palembang.” Jurnal Teknika 17(1): 81–88. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/6724.

wikipedi. 2016. “Teknologi.” https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi.

Wiratmo, Masykur. 2003. “Berbagai Teori Mengenai Perkembangan Teknologi.” Jurnal Siasat Bisnis 1(8): 53–63.

Wulandari, Ayu, and Yunisa Oktavia. 2022. “Analisis Kebijakan Bpjs Ketenagakerjaan Terhadap Karyawan Di Suatu Perusahaan(Kota Batam).” Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 4(1): 852–66.

Yogyakarta :: Penerbit Gava Media,.

Downloads

Published

2024-01-27