Analisis Efektivitas Implementasi Sistem Faaza Pada Keuangan PT Jawa Pos Media Televisi Surabaya Untuk Mempermudah Transaksi

Authors

  • Jovita Roseina Nariswari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sonja Andarini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.556442/eabmij.v6i1.560

Keywords:

FAAZA, Keuangan,Sistem Manajemen Penyiaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi sistem FAAZA dalam operasional keuangan di PT Jawa Pos Media Televeisi Surabaya untuk mempermudah transaksi secara signifikan. Metode yang penulis gunakan adalah metode kualitatif dan deskriptif berdasarkan pengalaman selama mengikuti magang di PT Jawa Pos Media Televisi Surabaya. Hasil menunjukkan sistem FAAZA sebagai broadcasting management system yang di berandanya terdapat; programme management, traffic management, finance, accounting, utility, dan close. Programme Management untuk on air penayangan iklan, Traffic Management untuk pembuatan jadwal penayangan,  Finance untuk mengatur alur keluar masuk kas kecil seperti pembayaran hutang dan pencatatan piutang klien pada JTV, Accounting untuk pencatatan arus kas besar perusahaan, dan lain- lain. Fokus dari penulis yaitu Faaza bagian Finance. Setelah mutasi kas keluar, pengeluaran BBM, dan pengambilan uang, pengeluaran ini dilakukan oleh cashier. Untuk mengoptimalkan operasi bisnis, aplikasi ini menyajikan laporan harian kas kecil yang diproses secara komputerisasi. Karena sistem ini dapat terhubung ke anggota divisi dan manajer keuangan agar dapat mengawasi pengeluaran kecil dengan lebih baik.

References

D. Damayanti, H. Sulistiani, and E. Umpu, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Tabungan Siswa pada SD Ar-Raudah Bandarlampung,” J. Teknol. dan Inf., vol. 11, no. 1, pp. 40–50, 2021.

Emidari, Y., & Harliantara, H. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Televisi Lokal JTV dalam Tahap Awal Pelaksanaan Analog Switch Off (ASO). Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI), 6(2), 45-54..

Polii, J. C., Sabijono, H., & Elim, I. (2019). Analisis Laporan Arus Kas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Telekomunikasi Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).

Triseptya, G. N. (2022). Komunikasi Dalam Ilmu Akuntansi. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 2(2), 500-501.

Downloads

Published

2024-01-28