Analisis Kinerja Staf BPJS Ketenagakerjaan Bojonegoro Dalam Mengoptimalkan Aplikasi JMO

Authors

  • Badi Atus Sa’adah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • R.Y. Rusdianto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.556442/eabmij.v6i2.704

Keywords:

BPJS Ketenagakerjaan,Analisis Kinerja staf,Layanan Jaminan Sosial,JMO,Faktor penghambat,Efisien Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kinerja staf BPJS Ketenagakerjaan Bojonegoro dapat ditingkatkan dalam mengelola klaim layanan yang disediakan dan ditawarkan yaitu Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Pensiun (JPN). dengan menggunakan prinsip Jaminan Mutu Organisasi (JMO). Pendekatan penelitian kualitatif digunakan dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi terhadap staf yang terlibat dalam proses klaim Layanan. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun BPJS Ketenagakerjaan telah memperkenalkan sistem yang komprehensif untuk menangani klaim layanan, masih ada tantangan dalam kinerja staf yang memengaruhi efektivitas pelayanan. Faktor-faktor seperti pelatihan, komunikasi internal, dan sistem manajemen memainkan peran krusial dalam meningkatkan kinerja staf. Implikasi dari temuan ini menyoroti pentingnya fokus pada pengembangan keterampilan staf dan perbaikan proses internal untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami langkah-langkah untuk meningkatkan layanan BPJS Ketenagakerjaan melalui pendekatan JMO, dengan harapan memberikan dasar untuk perbaikan berkelanjutan dalam penyediaan jaminan sosial di masa depan.

References

Arisoemaryo, B. S. (2022). Analisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi JMO Menggunakan metode end user computing satistfaction. Responsitf, 110-117.

pande, j. (2019). Pengenalan layanan aplikasi Jamsostek mobile melalui vidio promosi dan banner pada BPJS Ketenagakerjaan makassar. Administrasi Terapan, 107-122.

Sutrisno, H. (2020). Pengaruh BPJS Ketenagakerjaan dalam meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja. keseatan masyarakat, 78-84.

zannah, M. (2022). Analisis peranan bagian sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja karyawan pada BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang medan kota. akrab juara, 14-26.

Downloads

Published

2024-06-17