Manajemen Digital Marketing Di Lembaga Amil Zakat Nasional Lembaga Manajemen Infaq (LMI)

Authors

  • Sabhina Agni Naenara Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nurhadi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.556442/eabmij.v6i2.767

Keywords:

Digital Marketing, Lembaga Amil Zakat Nasional, Lembaga Manajemen Infaq, ZISWAF, Penghimpunan Dana, Strategi Pemasaran, Optimasi

Abstract

Lembaga filantropi tak hanya fokus pada pengumpulan donasi untuk aksi kemanusiaan, tetapi juga aktif dalam menghimpun dana ZISWAF (zakat, infak, sedekah, dan wakaf). Oleh karena peran sentralnya dalam mengelola ZISWAF, lembaga-lembaga ini dikenal sebagai Lembaga Filantropi Islam. Lembaga Amil Zakat Nasional Lembaga Manajemen Infaq (LMI) memanfaatkan platform digital secara strategis untuk mengoptimalkan penghimpunan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf). Laporan magang ini mengkaji manajemen digital marketing LMI, meliputi platform, strategi, dan efektivitasnya dalam meningkatkan donasi.

Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini melibatkan observasi partisipan selama 5 bulan di LMI Surabaya. Data primer dan sekunder dianalisis secara tematik. Hasil menunjukkan LMI menerapkan strategi digital marketing komprehensif, termasuk pemilihan platform (infak.in, Launchgood, Kitabisa, Shopee, Tokopedia), optimasi SEO, media sosial, advertising, KOL, content marketing, marketplace, dan event partnership.

Penerapan strategi ini terbukti efektif meningkatkan penghimpunan dana, terlihat dari kenaikan jumlah donatur dan dana terhimpun selama magang. Temuan ini menegaskan bahwa digital marketing adalah alat penting bagi lembaga filantropi untuk mencapai tujuannya dalam membantu masyarakat. Laporan ini memberikan rekomendasi praktis bagi LMI dan lembaga filantropi lainnya untuk meningkatkan efektivitas manajemen digital marketing mereka.

References

(2022). Retrieved from https://lmizakat.org/

Akhmad Farhan Nordianto, S. P. (2023). Pemberdayaan Anak Yatim Dan Dhuafa Binaan Lembaga Manajemen Infaq Dalam Program Beasiswa Pintar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 279-281.

Andhatu Achsa, R. D. (2020). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing Wisata Desa Taman Bunga Manohara Desa Purwodadi . Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 1-17.

Arina Muntazah, R. A. (2022). Peran Media Digital Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran Lembaga Filantropi Islam Di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 1-7.

Augusti Gesta Nabilla, A. T. (2021). Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan pada Diva Karaoke Rumah Bernyanyi di Kota Timika. Jurnal Kritis, 21-40.

Efrina Masdaini, A. D. (2022). Analisis Keputusan Pembelian pada Konsumen Warung Kopi Nilang. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 20-28.

Erwin, E. A. (2023). Digital marketing : Penerapat Digital marketing pada Era Society 5.0. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Fiky Budi Dewanto, M. H. (2023). Penerapan SEO Dalam Strategi Pemasaran Perusahaan. Junral Maneksi, 709-715.

Harmawan Teguh Saputra, F. M. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal Economy Management Business and Entrepreneur, 29-37.

Irdha Yanti Musyawarah, D. I. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1-13.

Nontina, S. Y. (n.d.). Analisis Strategi Manajemen Pemasaran dalam Menarik Minat Muzaki Membayar Zakat Pada Lembaga Zakat Nasional Lembaga Manajemen Infaq ( LMI ) Sumatera Selatan. 747-755.

Rauf, A. (2021). Digital Marketing: Konsep dan Strategi. Cirebon: Penerbit Insania.

Ryan Agung Ramadhan, M. S. (2024). Peran Digital marketing Dalam Menarik Minat Calon Donatur Untuk Berdonasi Di Yayasan Galang Bersama Kami. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 207-214.

Wijayanto, J. (2024, Juli 02). Upaya Capai Goals SDGs, LMI jadi Pionir Program Merdeka Belajar di Lembaga Zakat. Retrieved from Radar Surabaya: https://radarsurabaya.jawapos.com/surabaya/774759567/upaya-capai-goals-sdgs-lmi-jadi-pionir-program-merdeka-belajar-di-lembaga-zakat

Downloads

Published

2024-07-30