Akad RAHN Terhadap Praktik Gadai Tanah Persawahan

Authors

  • Syaripuddin Institut Agama Islam Al Amanah Jeneponto

DOI:

https://doi.org/10.556442/eabmij.v6i2.780

Keywords:

Akad Rahn, Gadai, Persawahan

Abstract

Menurut para ahli fiqh, menjadikan sesuatu yang penting sebagai jaminan atas suatu kewajiban adalah bagian dari gadai. Dalam kenyataannya, memberikan kewajiban adalah tindakan bijaksana untuk membantu mereka yang berada dalam keadaan sulit dan tidak memiliki uang tunai. masalah yang didiskusikan. Bagaimana akad Rahn diterapkan pada tanah persawahaan yang telah digadaikan tetapi digadaikan kembali oleh murtahin? Bagaimana hukum ekonomi syariah melihat akad Rahn pada sawah yang telah digadaikan tapi digadaikan kembali? Peneliti menggunakan metode lapangan, atau field research, dan ini adalah jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa menyewa tanah gadai persawahan tidak sah. Ini karena sawah yang telah digadaikan tidak boleh dimanfaatkan dengan menyewakan kembali sawah kepada pihak ketiga. Menurut Hukum Eknomi Syariah tentang Rahn, akad gadai antara rahin dan murtahin memungkinkan murtahin menyewakan kembali sawah kepada pihak ketiga dengan perjanjian yang disepakati antara ketiganya. Namun, ada kejanggalan bahwa rahin atau pemilik lahan meminta upah atas tanah sawah yang disewakan kepada pihak ketiga, yang menyebabkan akad rahn terjadi di antara keduanya.

References

Baharuddin, B. 2021. Analisis Ekonomi Islam Tentang Sistem Pasanra Kebun di Desa Kampala Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Sinjai.

Burhauddin. 2010. Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Farid, Achmad Miftah, and Fandi Ahmad Fahreza. 2023. Gadai Syariah (Rahn) Dalam Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Positif, Strata Law Review 1.1.

Ghazaly, A. R., Ihsan, G., & Shidiq, S. 2010. Fiqih Muamalat (Ed. 1. Cet).

Jajuli, S. 2015. Kepastian hukum gadai tanah dalam Islam (Ed. 1).

Jusmiati, J. 2017. Analisis Adat Gadai (sanra) dalam Tinjauan Ekomomi Islam di Desa Kalero Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. IAIM Sinjai.

Kemenag, R. 2024. Al-Qur’anulkarim hafazan Perkata.

Lexy J. Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Manahaar, Pamonaran. 2019. Implementasi Gadai Syariah (Rahn) Untuk Menunjang Perekonomian Masyarakat di Indonesia, Dialogia Iuridica 10.2.

Mardawani, M. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif Teori dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif (Cet. 1.).

Muhammad Alwi. 2016. Praktek Gadai Sawah Pada Masyarakat Kecamatan Luyo Kabupaten Polewli Mandar Perspektiv Ekonomi Islam, JALIF Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Sosial Budaya Islam 1, November.

Muhammad Syafi’i Antonio. 2001. Bank Syariah dari Teori ke Praktik Cet. I Jakarta: Gema Insani dan Tazkia Institute.

Nugrahani, Farida, Dkk. 2014. Metode penelitian kualitatif, Solo: Cakra Books 1.1.

Nasrun Haroe. 2007. Fiqh Muamalah, Jakarta: Gaya Media Pratama.

Roficoh, Luluk Wahyu, and Mohammad Ghozali. 2018. "Aplikasi akad rahn pada pegadaian syariah."Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 3.2.

Ramdhan, Muhammad. 2021. Metode penelitian, Cipta Media Nusantara.

Susiadi. 2014. Metodologi Penelitian, Lampung: Permatanet.

Suhendi, H. 2017. Fiqh Muamalah (Ed. 1. Cet).

Surepno, S. 2018. Studi Implementasi Akad Rahn (Gadai Syariah) Pada Lembaga Keuangan Syariah. Journal of Sharia Economic Law, 1(2), 174–186.

Sutan Remy Sjahdeini. 2007. Perbankan Islam, Jakarta: Yayasan Adikarya IKAPI.

Wahbah Az-Zuhaili. 2011. Fiqih Islam wa Adillatuhu, Jilid VI, diterjemahkan Abdul Hayyie alKattani, dkk.,Jakarta: Gema Insani.

Yaqin, A. 2020. Fiqh Muamalah Kjian Komprehensip Ekonomi Islam (H. Mukarromah (ed.)).

Zainuddin, Ali. 2008. Hukum Gadai Syariah, Jakarta: Sinar Grafika.

Zakiah, Nita, Gunawan, Hendri. 2023. Analisis Akad Rahn Terhadap Praktik Gadai Tanah Perkebunan. AT-TASHARRUF: Jurnal Kajian Hukum Ekonomi Syariah Volume 1, Nomor 2, November.

Downloads

Published

2024-08-05