Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Desa Noelbaki Dalam Meningkatkan Pendapatan Dan Menambah Nilai Gizi Bagi Keluarga Melalui Pembuatan Nugget Ayam Kelor

Authors

  • Hermyn B. Hina Universitas KristenArtha Wacana

Keywords:

Pemberdayaan, Ekonomi, Ibu-Ibu PKK

Abstract

Pemberdayaan perempuan di desa mencakup pembangunan di segala aspek kehidupan dan penghidupan masyarakat. Program-program yang direncanakan dalam pembangunan desa seharusnya menyentuh secara langsung kepentingan masyarakat desa. Karena masyarakat hendaknya mereka ikut dilibatkan dalam proses pemberdayaan. Aktivitas peningkatan perekonomian salah satunya adalah mengembangkan usaha–usaha masayarakat guna meningkatkan kesejahteraaan dan mengurangi pengangguran yang ada di tengah-tengah kehidupan Masyarakat. 

Salah satu pemberdayaan yang akan dilaksanakan adalah mengelola daun kelor menjadi produk yang bernilai gizi bagi keluarga. Daun kelor atau marunggai, atau bahasa latin “Moringa oleifera”, sejak dahulu kelor sudah digunakan baik untuk pengobatan tradisional, jamu. Faktanya daun kelor memang banyak mengandung zat yang sangat baik untuk tubuh. Tak heran organisasi WHO menobatkan pohon kelor sebagai miracle tree, setelah menemukan manfaat penting daun kelor. Daun kelor tidak sulit didapatkan, mudah di tanam dan setiap rumah tangga diwajibkan untuk menanam pohon kelor, sebagai pangan lokal utama.    

Pada bidang ekonomi, pemberdayaan perempuan terfokuskan kedalam peningkatan kemampuan dalam mengelola usaha. Dalam hal ini merupakan home industry. Pemberdayaan ibu-ibu PKK melalui pelatihan pembuatan nugget ayam kelor ini diharapakan dapat menumbuhkan minat berwirausaha dibidang kuliner, dapat meningkatkan kebutuhan rumah tangga, juga untuk membuka peluang pekerja produktif serta mandiri sehingga hal ini menjadi salah satu solusi mengatasi kemiskinan ekonomi.

Pemberdayan melalui pelatihan bukan hanya sekedar untuk mengasah keterampilan akan tetapi juga sebagai salah satu hal yang bisa mendukung kemandirian perempuan / ibu-ibu PKK secara ekonomi, pemberdayaan masyarakat /ibu-ibu PKK melalui berbagai cara anatara lain: salah satunya melalui kegiatan ibu-ibu PKK dalam mengolah daun kelor dan ayam menjadi nugget ayam kelor adalah salah satu produk yang bernilai gizi bagi keluarga, dan diharapakan dapat menumbuhkan minat berwirausaha.

Downloads

Published

2023-12-17