Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Kerajinan Tangan Di Desa Sidomulyo – Kec. Silo - Jember

Authors

  • M. Naely Azhad Universitas Muhammadiyah
  • Moch. Amien Rais Universitas Muhammadiyah

Keywords:

Digital Marketing, Partisifatif dan UMKM

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah membantu para UMKM dalam memecahkan masalah keterbatasan sumberdaya dalam memasakan berbagai hasil produksinya, sehingga dapat memperluas jangkauan market share yang pada akhirnya berimplikasi pada peningkatan laba. Target luaran yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah yang  lebih  inovatif  melalui  informasi diperoleh di  media online  serta memanfatkan media sosial sebagai digital marketing untuk mengembangkan bisnisnya serta  meningkatkan  penjualan  produknya ke pasar  global.

Metode yang digunakan adalah dengan menfasilitasi peserta pelatihan agar memiliki kemampuan teknis dalam membuatkan  rancangan bisnis  dengan menggunakan  strategi  digital  marketing  melalui jejaring  sosial  istagram dan face book.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam kurun waktu tiga bulan yang terbagi dalam tiga tahap yaitu: Pertama;  Tahap perencanaan, Kedua; Tahap pelaksanaan, serta Ketiga: Tahap evaluasi, Kegiatan ini menggunakan metode dalam bentuk pelatihan keterampilan melalui ceramah, demontrasi dan tanya jawab, serta praktek bagi kelompok sasaran  kegiatan ini  adalah  para UMKM di  Desa Sidomulyo – Kec. Silo - Jember.

Hasil pelaksanaan  kegiatan  pengabdian  ini  dapat dilaksanakan  dengan  sangat  baik dengan  pelatihan dan praktek implementasinya, perancangan marketing digital sampai pada proses penanganan transaksi dan komunikasi dengan pelanggan. Antusias  yang  tinggi dari  para  peserta yang mengikuti  kegiatan  pelatihan  dan  peserta juga  dapat memahami  seluruh  penjelasan  materi  dengan  baik  serta merasa  puas  dan  senang adanya  kesesuaian  materi  dengan kebutuhan yang diinginkan para peserta dalam pengembangan bisnisnya.

Adanya dukungan dari pihak pemerintahan Desa Sidomulyo dan Kec. Silo – Jember, sehingga pelatihan ini dapat berjalan dengan baik. Mulai dari tahap perencanaan, perekrutan peserta pelatihan, akomodasi dan konsumsi selama pelatihan berlangsung sampai para peserta UMKM mampu mengimplementasi digital marketing untuk memasarkan produknya

Downloads

Published

2024-02-01