Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Digital Game-Based Learning Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Di Madrasah Aliyah NU Maarif Assaadah Bungah Gresik
DOI:
https://doi.org/10.556442/taveij.v4i1.555Keywords:
Kata kunci: Aplikasi Kahoot, Pembelajaran, Al-Quran HaditsAbstract
Penelitian ini didasari oleh fakta bahwa masih banyak guru yang belum mengembangkan kreativitas mereka dalam menciptakan dan menggunakan media pembelajaran. Meskipun banyak teknologi yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, guru perlu memilih media pembelajaran berbasis teknologi yang bersifat interaktif dan kolaboratif. Salah satu contohnya adalah aplikasi Kahoot. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan aplikasi Kahoot dalam pengajaran Al-Qur'an Hadits di Madrasah Aliah Maarif NU Assaadah Bungah Gresik. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengungkap informasi tentang penggunaan aplikasi Kahoot dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kahoot oleh guru mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di Madrasah Aliah Maarif NU Assaadah Bungah Gresik merupakan inovasi yang membuat pembelajaran menjadi interaktif dan menarik. Dengan adanya Kahoot, siswa dan guru mendapatkan manfaat karena proses belajar mengajar menjadi lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan, sehingga materi pelajaran lebih mudah diingat dan dipahami.