Inovasi Pembelajaran Berbasis IT

Authors

  • sepriyanti Sepriyanti Universitas Bina Bangsa
  • B. Herawan Hayadi
  • Furtasan Ali Yusuf
  • Juhriah Juhriah
  • Yuyun Yuningsih

DOI:

https://doi.org/10.55642/taveij.v4i1.600

Abstract

Inovasi dalam bidang pendidikan merujuk pada strategi, ide, atau alat baru yang diterapkan guna mencapai tujuan pendidikan atau menyelesaikan tantangan yang ada dalam sistem pendidikan.. Inovasi ini memiliki beberapa karakteristik, seperti keuntungan relatif, kompatibilitas, kompleksitas, trialabilitas, dan dapat diamati. Salah satu bentuk inovasi yang sedang berkembang adalah inovasi pembelajaran berbasis IT. Inovasi ini menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan proses belajar mengajar. Tujuannya adalah untuk meningkatkan akses ke pendidikan, meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan personalisasi pembelajaran, dan mempersiapkan siswa untuk masa depan. Manfaat dari inovasi pembelajaran berbasis IT antara lain dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, meningkatkan hasil belajar, mengembangkan keterampilan abad ke-21, dan meningkatkan efisiensi pembelajaran. Namun, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi dalam implementasi inovasi pembelajaran berbasis IT, seperti akses ke teknologi, keterampilan digital, kualitas konten, dan biaya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran berbasis IT dapat memberikan hasil yang positif. Contohnya, penggunaan augmented reality dapat meningkatkan motivasi dan daya nalar imajinasi anak didik, puzzle maker dapat meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran, dan penggunaan platform WhatsApp dalam pembelajaran jarak jauh secara daring dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Kata Kunci: Inovasi pendidikan, Inovasi pembelajaran berbasis IT, keterampilan abad ke-21.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rogers, Everett M. (2003). Diffusion Of Innovation (Edisi ke-5). New York: Free Press.

Maufidhoh, Imroatul, & Maghfirah, Ismail. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Melalui Media Puzzle Maker Pada Siswa Sekolah Dasar. Vol. 01, No. 01.

Nur Iksan, dkk. (2017). ITEJ (Information Technology Engineering Journals). Vol. 02, No. 01.

Ulfah, Almira Keumala. (2022). Ragam Analisis Data Penelitian. Madura: IAIN Madura Press.

Suswandari, S. (2021). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Jakarta: Salemba Humanika.

Tarmidzi, dkk. (2023). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring Menggunakan Media Sosial Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar. Vol. 6, No. 2.

Downloads

Published

2024-02-16