Multimedia Interaktif Inkuiri IPA: Tingkatkan Berpikir Kritis Siswa SD

Authors

  • Juhriah Universitas Bina Bangsa
  • B.Herawan Hayadi Universitas Bina Bangsa
  • Furtasan Ali Yusuf Universitas Bina Bangsa
  • Sepriyanti Universitas Bina Bangsa
  • Yuyun Yuningsih Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.55642/taveij.v4i1.610

Keywords:

Multimedia Interaktif, Pembelajaran Inkuiri IPA, Berpikir Kritis, Siswa SD.

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu meningkatkan dan mengevaluasi efektivitas perkembangan media interaktif dalam meningkatkan pola pikir kritis siswa SD dalam model pembelajaran inkuiri IPA. Multimedia berbasis komputer dirancang dengan berdasarkan pada teori konstruktivisme, teori pembelajaran kognitif multimedia, dan teori berpikir kritis. Kajian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan pra-uji dan pasca uji . Data  penelitian ini  terdiri atas  60 siswa SD yang terbagi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen belajar IPA dengan menggunakan multimedia interaktif.sedangkan kelompok kontrol belajar dengan menerapkan metode pembelajaran konvensional. Uji empiris menunjukkan  terdapat perbedaan yang substansial antara kemampuan berpikir kritis siswa SD pada kelompok percobaan dan kelompok pengendalian. Hasil menunjukkan bahwa kelompok eksperimenmengalami penngkatan yang lebih signifikan dalam hal kemampuan berpikir kritis dibandingkan dengan siswa yang tergabung dalam kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data tersebut mengindikasikan multimedia interaktif dapat menjadi alat bantu yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD dalam pembelajaran inkuiri IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. (2021). Learning to teach (11th ed.). New York: Routledge.

Bruner, J. S. (1961). The act of discovery. Harvard Educational Review, 31(1), 21-32.

Ennis, R. H. (2011). Critical thinking: A concise guide. New York: Routledge.

Facione, P. A. (2011). Inventori Disposisi Berpikir Kritis California. Millbrae, CA: California Academic Press.

Hmelo-Silver, C. E., & Barrows, H. S. (2006). Goals and strategies for inquiry-based learning: A guide for teachers. New York: Teachers College Press.

Jonassen, D. H. (2011). Learning to solve problems with technology: A constructivist perspective. New York: Routledge.

Madura Press.

Mayer, R. E. (2014). Cognitive Theory of Multimedia Learning. In R. E. Mayer (Ed.), The Cambridge Handbook of Multimedia Learning (pp. 43-77). New York: Cambridge University Press.

Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2012). Trends and issues in instructional design and technology (3rd ed.). New York: Routledge.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Teori determinasi diri dan fasilitasi motivasi intrinsik perkembangan sosial, dan kesejahteraan. Jurnal Psikologi Amerika, 55(1), 68.

Suswandari, S. (2021). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Salemba Humanika: Jakarta.

Ulfah,Almira Keumala Ulfah. 2022. “Ragam Analisis Data Penilitian”. Madura :IAIN

Downloads

Published

2024-02-16