Desain Pusat Psikologi dan Kesejahteraan Hewan Anjing

Authors

  • Lestari Kiki Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Pancasila, Jakarta
  • Febrianne Eunike Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Pancasila, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55642/eatij.v5i02.334

Keywords:

Shelter, klinik, , Anjing liar

Abstract

Saat ini banyak anjing menjadi terlantar dan liar di Jakarta dikarenakan kurangnya kepedulian masyarakat, populasi anjing yang berlebih, dan pandangan agama. Namun, beberapa komunitas pecinta hewan dan anjing telah membangun tempat bernaung sementara untuk anjing liar (shelter), tetapi, kebanyakan dari shelter ini memiliki fasilitas yang kurang memadai serta kurangnya standar kenyamanan khusus untuk anjing ras. Penelitian saya terfokus pada rumah sementara bagi anjing liar dan fasilitas penunjang dengan utilitas yang memadai, serta hal-hal lain yang mempengaruhinya.

Shelter atau rumah sementara bagi anjing liar ini adalah hal yang saya ingin rancang untuk menghindari anjing sebagai pangan manusia, menekan populasi anjing liar, dan merawat anjing liar yang sakit. Hal-hal yang telah saya sebutkan adalah faktor kurangnya shelter dan fasilitas penunjang serta utilitas shelter yang tidak memadai. Kedua permasalahan diataslah dalam penulisan skripsi ini yang akan saya jelaskan dan kaji.

Tujuan dari perancangan adalah mendesain rumah sementara yang layak serta memadai untuk anjing liar, membantu mengurangi populasi anjing liar, dan memfasilitasi pelatihan kepatuhan anjing liar agar layak untuk diadopsi serta mendesain fasilitas perawatan kesehatan yang memadai bagi anjing liar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Susanto, Wellson. 2015. Pusat Edukasi Tentang Hewan Peliharaan di Kelapa Gading. Jakarta: Jurnal Program sarjana Arsitektur Universitas Tarumanegara.

Deviani, Angelia. 2017. Perancangan Interior Dog Shelter dan Café di Surabaya. Surabaya: Jurnal Program sarjana Desain Interior Universitas Kristen Petra.

UC Davis Koret Shelter Medicine Program. 2019. Facility Design, Shelter Animal Housing and Shelter Population Management. Artikel informasi dalam website https://www.sheltermedicine.com/library/resources/?utf8=u2713&search%5Bslug%5D=facility-design-shelter-animal-housing-and-shelter-population-management

The Humane Society of The United States. 2002. Shelter design. The Humane Society of The United States: Shelter Services.

Cresswell, John W. 2009. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. USA: Sage Publications

M. Sadowski, Dog Breeds of The World, US, 2015.

Marine Humane, Dog Breed Characteristics & Behavior, CA.

D. W. A. Bruette, The Complete Dog Book, Cincinnati: Stewart Kidd Company, 1921.

J. W. Cresswell, Research Design: Qualitative, Quantitave and Mixed Methods

Approaches, USA: Sage Publications, 2009.

R. L. Kapler, "Literature in Qualitative Research," in The Sage Encyclopedia of

Qualitative, California, Sage Publications, 2008, pp. 485-487.

Downloads

Published

2023-07-25