Uji Usability Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sebagai Sarana Belajar Literasi Finansial Untuk Siswa Kelas 7 di SMPIT Nurul Ilmi
DOI:
https://doi.org/10.55642/eatij.v5i02.338Keywords:
Bangun Ruang Sisi Datar, Augmented Reality, Media PembelajaranAbstract
Literasi finansial sangat diperlukan untuk mendidik manusia agar sadar dan paham mengelola keuangan secara bijak. Akan tetapi, kurangnya kemampuan dalam memanajemen keuangan membuat masyarakat tidak dapat memanfaatkan sumber daya alam dan mengelola keuangan dengan baik. Untuk menghadapi bonus demografi, pemerintah Indonesia menggalakan gerakan literasi sekolah untuk mendukung dan mengembangkan penerus bangsa yang melek ekonomi. Berdasarkan wawancara tidak terstruktur yang telah dilakukan dengan Guru IPS di SMPIT Nurul Ilmi, pendidikan literasi finansial masih diajarkan secara umum dalam pelajaran ekonomi namun secara spesifik masih belum diajarkan. Maka, penelitian ini bertujuan pembuatan aplikasi pembelajaran literasi finansial interaktif ‘Belajar Duit’ untuk Siswa SMPIT Nurul Ilmi. Melalui studi literatur, peneliti mengumpulkan data pustaka melalui membaca, mencatat, dan mengolah data dari sumber buku, jurnal, dan website sebagai bahan penelitiaan untuk membuat aplikasi ‘Belajar Duit’. Multimedia Development Life Cycle (MDLC) telah digunakan sebagai metode pengembang aplikasi tersebut. Berdasarkan hasil dari pengujian Software Usability Measurement Inventory (SUMI), nilai skala pengujian yang diperoleh yaitu Efficiency=97,1; Affect=95,2; Helpfulness=96,5; Controlabillity=93,5; dan Learnability=89,7. Kesimpulannya, aplikasi ‘Belajar Duit’ sangat efisien untuk membantu proses belajar mengajar di SMPIT Nurul Ilmi.