Perancangan Sistem Informasi Reservasi Meja Kafe Menggunakan Metode Rad Rapid Application Development Berbasis Web (Studi Kasus : Cafetaria Citra Sawangan Depok)

Authors

  • Ersi Putri Utami Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pamulang
  • Afrizal Zein Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.55642/eatij.v5i02.346

Keywords:

Rapid Application Development; Promosi; Pemesanan tempat; Sistem Informasi.

Abstract

Pada era globalisasi sekarang ini para pedagang bisnis makanan memiliki sistem online yang tepat untuk mempromosikan produknya. Dengan melalui promosi, konsumen atau pelanggan mengetahui peluang bisnis yang nyata, produk saat ini yang sedang berkembang pesat. Dengan terus mengembangkan, merancang, mensimulasikan, dan melaksanakan promosi online.
Berdasarkan permasalahan di atas maka penulis memberi solusi untuk mendirikan sebuah rancangan dan pengembangan sistem informasi aplikasi berbasis website agar menunjang seperti promosi dan dapat melakukan pemesanan tempat atau reservasi secara on-line.
Perancangan dan pengembangan sistem informasi aplikasi ini dibangun menggunakan metode RAD Rapid Application Development untuk mengurangi atau mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk membuat atau mendesain dan menyebarkannya dalam tiga tahap yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap perancangan dan pengembangan sistem, dan tahap implementasi. Hasil dari aplikasi ini akan menghasilkan keluaran dan hasil berupa fasilitas, latar belakang restoran, informasi seperti menu dan harga makanan, alamat dan lokasi restoran yang terhubung dengan Google Maps, cara pemesanan atau reservasi, dan laporan penjualan. Dengan dibuatnya sistem informasi promosi dan pemesanan atau reservasi dapat membantu pemilik restoran mempromosikan menu dan harga serta lokasi makanan, serta memudahkan pelanggan untuk menemukan restoran di daerah tersebut.
Hasil yang diharapkan dari perancangan sistem informasi berbasis web untuk mempermudah dan lebih efisien mengenai waktu dalam melakukan reservasi secara on-line. Tanpa harus tatap muka dan juga dapat memberi akses kepada pelanggan agar mengetahui profile tempat, juga sebagai sarana promosi yang ada didalam sebuah web tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-16