PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK SISWA SMK

Authors

  • Army Trilidia Devega Universitas Ibnu Sina
  • Ghea Paulina Suri Universitas Ibnu Sina

Keywords:

Media Pembelajaran interaktif, ADDIE, Time Series, Lectora Inspire

Abstract

Berdasarkan pengamatan di SKM Ibnu Sina Batam Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan ditemukan bahwa guru belum menggunakan media interaktif dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan (R & D), dan model pengembangan ADDIE. Media pembelajaran interaktif ini dirancang dengan menggunakan aplikasi Lectora. Hasil penelitian ini adalah: (1) validitas media dengan nilai 0,96 (2) Media praktikum dari respon guru sebesar 97,50 dan respon siswa 83,92 dengan kategori praktis (3) Efektivitas media dengan menggunakan time series dengan hasil nilai siswa meningkat 25% secara efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Diperoleh hasil uji gain score 0,53 kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adri, Muhammad. Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Pembelajaran, Padang: http://directory.umm.ac.id/tik/Pemanfaatan_internet_sebagai_Sumber_Pembelajaran.pdf(2008).

Rusman. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada. (2012).

Delianti, Vera Irma. Pengembangan CD multimedia interaktif mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas X SMA Negeri 2 Bukittinggi. Jurnal teknologi informasi dan pendidikan vol 7 No. 2 September 2014 (2014):193-199.

Puyada., Deno. Pengembangan Media Interaktif Pada Mata Pelajaran Rangkaian Listrik di kelas X Jurusan Teknik Ketenagalistrikan SMKN 2 Lubuk Basung. Tesis Tidak diterbitkan. Padang : Program Pascasarjana FT UNP. (2016)

Mas’ud, Muhammad. Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif (2012)

Sugiyono. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta (2008)

Putra, Nusa. Research & Development, Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada (2012).

Molenda, M. In search of the ellusive ADDIE model. Pervormance improvement, 42 (5), 34-36. Submitted for publication in A. Kovalchick & K. Dawson, Ed’s, Educational Technologi: An Encyclopedia. Copyright by ABC- Clio, Santa Barbara, CA, 2003. http://www.indian.edu.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. (2006).

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja GrafindoPersada (2004).

Asrori, Mansyur & Harun Rasyid. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Multi Press (2009).

Veza, O., & Hanafi, Y. Perancangan Aplikasi Modul Pembelajaran Membaca Cepat Dengan Metode Satu Bulan Bisa Baca Berbasis Web Mobile.

Veza, O., & Arifin, N. Y. (2019). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN CALON MAHASISWA NON AKTIF DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING. Jurnal Industri Kreatif (JIK), 3(02), 71-78.

Setyabudhi, A. L. (2017). Perumusan Strategi Bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Untuk Meraih Keunggulan Bersaing Studi Kasus Di Batam. Jurnal Teknik Ibnu Sina JT-IBSI, 2(2).

Setyabudhi, A. L., & Sasmito, D. (2020). PERANCANGAN JADWAL PEMBUATAN WELLHEAD DENGAN MENGGUNAKAN CPM PADA SOFTWARE PRIMAVERA. Jurnal Industri Kreatif (JIK), 4(01), 1-6.

Downloads

Published

2019-11-30