Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Tentang Museum Tekstil
DOI:
https://doi.org/10.55642/eatij.v6i01.643Keywords:
Museum Tekstil, Aplikasi, Augmented RealityAbstract
Museum Tekstil meupakan salah satu cagar budaya di bawah pengelolaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan berfungsi sebagai tempat untuk mengumpulkan, merawat dan memamerkan koleksi tekstil seperti kain,peralatan pembuatan tekstil dan juga benda-benda tekstil lainnya dari seluruh nusantara. Namun masih banyak pengunjung yang tidak mengetahui tentang fasilitas yang disediakan oleh museum tekstil. Dengan permasalahan tersebut, penulis memberikan solusi dengan membuat aplikasi augmented reality untuk mengenalkan fasilitas museum tekstil. Aplikasi ini memiliki fitur augmented reality yang memunculkan objek 3D dan video dari fasilitas Museum Tekstil dan kemudian akan menampilkan penjelasan tentang fasilitas tersebut dengan tulisan dan audio dengan media augmented reality diharapkan bisa meningkatkan wawasan pengguna tentang fasilitas museum tekstil. Hasil persentase kelayakan 94.5% yang berarti aplikasi ini Sangat Layak untuk dipublikasikan dan bisa untuk dikembangkan selanjutnya.
Downloads
References
Achjadi, J. (2013). Museum Tekstil Jakarta (3rd ed.). Museum Tekstil Jakarta.
Aditama, P. W., Adnyana, N. W., & Ningsih, K. A. (2019, Februari). AUGMENTED REALITY DALAM MULTIMEDIA PEMBELAJARAN. Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA), 2, 176-182.
Aditriana, R. (2020, April 1). APLIKASI PENGENALAN MOTIF BATIK BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. 1-26.
Asry, A. I. (2019, September). Penerapan augmented reality dengan Metode Marker Based Tracking pada Maket Rumah Virtual. Jurnal Informatika (AINET), 1(2), 52-58.
Brata, K. C., Brata, A. H. b., & Pratama, Y. A. (2018, Agustus 3). PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY UNTUK MENDUKUNG PENGENALAN KOLEKSI MUSEUM. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5, 347-352. 10.25126/jtiik.201853798 Vol. 5, No. 3, Agustus 2018, hlm. 347-‐352 p-‐ISSN: 2355-‐7699
Ginting, S. L., Ginting, Y. R., & Aditama, W. (2017, April 30). AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN STIMULASI BAYI MENGGUNAKAN METODE MARKER BERBASIS ANDROID. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 7(1), 1-14.
Jakarta. (2021, March 21). Jakarta. Retrieved April 27, 2022, from https://jakarta.go.id/museum
Maulidin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan augmented reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), 3, 117-123.
Muhammad, D., Wardhono, W. S., & Afrianto, T. (2018, Desember). Analisis Penerapan markerless augmented reality pada Video Game Memancing dengan Pendekatan Simultaneous Localization and Mapping (SLAM). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(12), 7083. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161727
Museum Tekstil Yayasan Mitra Museum Jakarta. (n.d.). Yayasan Mitra Museum Jakarta. Retrieved April 27, 2022,
Prihandoyo, M. T. (2018, Januari). Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 3(1), 126-129. http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/view/765
Sandahl, J. (2019, Juli 11). The Museum Definition as the Backbone of ICOM. Museum International, 71(1-2), vi-9. 10.1080/13500775.2019.1638019
Yunxiang, C., Qing, W., Hong, C., Xiaoyu, S., Hui, T., & Mengxiao, T. (2019). An overview of augmented reality technology. Journal of Physics: Conference Series, 1237(022082), 1-5. 10.1088/1742-6596/1237/2/022082